Tips Praktis Memilih Printer Berwarna Yang Hemat

Tips Praktis Memilih Printer Berwarna Yang Hemat

TIPS PRAKTIS MEMILIH PRINTER BEWARNA YANG HEMAT

Pertama-tama kita sesuaikan dulu dengan kebutuhan,Sebelum memutuskan memilih printer, sebaiknya pastikan terlebih dahulu kebutuhan Anda atau kantor tempat Anda bekerja. Pasalnya, spesifikasi tiap printer berbeda-beda. Misalnya, jika kebutuhan Anda hanya untuk mencetak dokumen biasa dengan jumlah yang tak terlalu banyak, printer tipe laser bisa jadi pilihan. Namun, bila membutuhkan printer yang lebih multifungsi, Anda bisa memilih Multifunction Inkjet Printer yang bisa digunakan untuk mencetak segala dokumen, memindai (scan), dan menyalin (copy).

Kedua, ketahui juga biaya pembelian dan pengeluaran perawatan saat membeli printer. Sebaiknya Anda tak hanya terfokus pada harga beli saja. Namun, Anda juga harus memperhitungkan pengeluaran pemakaian dan perawatan. Pasalnya, percuma saja jika membeli printer dengan harga terjangkau apabila biaya perawatannya selangit. Adapun keperluan pemakaian dan perawatan printer meliputi biaya konsumsi tinta, penggantian tangki tinta, pembersihan saluran tinta, serta perawatan printhead secara berkala.dan juga cek kondisi printer,kita sebelum membeli jangan lupa untuk mengecek kondisi printer yang Anda pilih. Meskipun printer yang Anda beli dalam kondisi baru, tak menutup kemungkinan adanya gangguan operasional. Jadi, jangan lupa untuk melakukan pengecekan fisik dan pastikan printer bekerja secara optimal dengan melakukan pengetesan di tempat Anda membeli.

Ketiga, pilihlah merek printer dan pertner penyedia yang terpercaya. Memilih merek printer yang tepercaya juga menjadi faktor penting yang perlu Anda perhatikan. Jangan sampai salah membeli merek printer tertentu hanya karena harganya lebih murah, tetapi kualitas tidak mumpuni..Biasanya jika kita membeli atau menyewa printer yang merek printernya tidak terpercaya itu akan membuat kita rugi karena pastiya cepat rusak dan kita juga harus membayar biaya perbaikannya dan perawatannya dengan harga yang cukup mahal dan membuat kita mengeluarkan biaya yang sangat banyak.

Jika kita ingin praktis dalam menggunakan printer berwarna,kita harus tahu juga cara atau tips menghemat dalam menggunakan tinta printer.Berikut beberapa tips yang bermanfaat dalam menghemat tinta yang tentunya juga menghemat pengeluaran anda:

  • Gunakan mode ekonomis (economy mode). Sebagian besar printer memberikan pilihan mode “economy” atau “draft” pada bagian properties printer anda. Ini berarti anda akan mendapatkan hasil dengan kuailitas yang tidak terlalu tinggi, tetapi anda dapat menghemat pengeluaran tinta. Gunakan economy mode untuk mencetak dokumen yang tidak terlalu penting dan tidak untuk dipresentasikan seperti surat tidak formal dan sebagainya. Sebagai tambahan anda dapat mencetak dengan lebih cepat dan hasil cetak lebih cepat kering.
  • Cetak hanya bagian yang anda perlukan. Hati-hati untuk tidak mencetak seluruh bagian dari dokumen multi-page padahal anda hanya memerluka satu atau dua halaman saja. Aplikasi word processing dan program lainnya untuk untuk memilih print range dari dokumen anda.Ini sangat penting ketika anda ingin mencetak halaman dari internet. Seringkali saat anda akan mencetak sebuah halaman web, anda akan menerima banyak link, logo dan iklan yang tidak anda butuhkan di bagian akhir web, dan seringkali tercetak pada halaman yang berbeda.Untuk menghindarinya gunakan print preview untuk melihat halaman mana yang berisi bagian yang tidak anda butuhkan, lalu hilangkan dari print range yang ingin anda cetak.
  • Goyangkan kartrid. Ketika printer anda memperingatkan bahwa tinta kartrid sudah dalam kondisi low, bukan waktunya untuk mengganti kartrid. Keluarkan kartrid dari printer anda kemudian goyangkan dari sisi ke sisi, kemudian pasang kembali.Hal ini akan mendistribusi ulang sedikit tinta yang masih ada di dalam dan anda akan mendapatkan beberapa halaman tambahan yang dapat dicetak. Anda bahkan dapat mengulanginya beberapa kali untuk mendapatkan lebih banyak halaman.
  • Jangan matikan printer pada pertengahan cycle. Jangan pernah mematikan printer sebelum dia menyelesaikan cycle. Jika anda mematikan printer pada saat kartrid masih bergerak, printer head akan dipaksa berhenti pada posisi dimana anda mematikan printer. Hal ini akan menyebabkan nozzle kering dan terjadi kebocoran tinta.
  • Biarkan printer anda hidup. Jika anda berfikir untuk menggunakan lagi printer dalam waktu dekat, lebih baik untuk membiarkannya tetap hidup daripada berulang-ulang menghidupkan dan mematikan printer.Printer anda akan menggunakan sedikit tinta pada saat proses inisialisasi pada saat dihidupkan.
  • Gunakan black-only mode. Jika anda memiliki printer yang menggunakan kartrid hitam dan warna, dan anda ingin mencetak dokumen hitam-putih, jangan lupa untuk mengganti properties printer anda ke mode black-only.Mengapa? Walaupun anda hanya mencetak dokumen hitam-putih, beberapa printer secara otomatis akan mencampurkan tinta warna dengan hitam untuk mencetak dokumen.Seiring berjalannya waktu, bukan tidak mungkin tinta warna anda habis padahal anda tidak mencetak warna.
  • Jangan melakukan head cleaning atau print head alignment kecuali memang sangat dibutuhkan karena akan menghamburkan tinta printer.
  • Gunakan ecofont. Ecofont memiliki lubang di setiap hurufnya sehingga dapat menghemat penggunaan tinta anda hingga 20% dibandingkan font standar.
  • Pertimbangkan tentang software penghemat tinta. Beberapa perusahaan memproduksi software penghemat tinta, dan beberapa dapat anda download secara gratis di internet.Program ini umumnya bekerja dengan mengoptimalkan data printer sehingga anda dapat mengurangi penggunaan tinta walaupun mencetak dokumen dengan resolusi tinggi.

Jika kita ingin menghemat biaya perawatan printer berwarna kita harus tau dulu bagaimana cara merawat printer dengan baik agar printer tahan lama dan awet karena jika kita tidak tau printer apapun itu akan rusak dan akan mengeluarkan biaya untuk memperbaikinya.dibawah ini adalah tips untuk merawat printer:

  • Jaga Kebersihan Printer

Perawatan termudah yaitu dengan menjaga kebersihan printer, apalagi jika printer jarang digunakan. Jangan biarkan printer tergeletak disembarang tempat sehingga membuatnya sangat kotor terkena debu. Oleh sebab itu, letakkan printer di tempat yang aman dan cukup bersih, kemudian tutupi dengan kain agar tidak mudah kotor. Printer yang kotor, bisa membuat debu masuk ke dalam perangkat. Akibatnya, mesin printer bisa tersumbat debu yang membuatnya rusak dan tidak dapat digunakan untuk mencetak dokumen.

  • Bersihkan Printer dengan Kain atau Kuas

Jangan lupa, bersihkan printer dengan menggunakan kain halus dan kering atau kuas pembersih. Pastikan tidak menyiram printer dengan air saat membersihkan, karena bisa merusak mesin printer. Cukup menggunakan kain bersih atau jika fisik printer terdapat noda yang sulit dibersihkan gunakan kain setengah basah untuk membersihkannya. Debu-debu di sekitar keluarnya kertas atau tempat memasukkan kertas bisa Anda bersihkan dengan kuas maupun kain.

  • Gunakan Printer untuk Mencetak secara Berkala

Sangat penting juga untuk tidak membiarkan printer didiamkan dalam waktu yang lama, apalagi jika sudah diisi dengan tinta. Akan sangat rentan tinta mengering jika printer tidak digunakan, yang mengakibatkan printer head tersumbat tinta kering dan tidak bisa digunakan mencetak. Secara berkala gunakan printer untuk mencetak 1 – 2 lembar dokumen jika memang tidak begitu dibutuhkan.

  • Melakukan Clean Head

Tak hanya menjaga printer dibagian luarnya, Anda juga perlu menjaga kebersihan printer di bagian dalam khususnya pada printer head dengan cara melakukan clean head. Lakukan pembersihan kepala printer dari dalam agar tidak tersumbat tinta kering dengan melakukan perintah Clean Head.Setiap printer dilengkapi dengan fitur maintenance clean head, jadi Anda bisa melakukan perintah tersebut sesuai dengan printer yang Anda miliki. Walaupun konsepnya sama yaitu membersihkan kepala printer dibagian dalam, namun berbeda merek printer, ada kemungkinan berbeda cara melakukannya. Disarankan melakukan clean head 2 (dua) minggu sekali saja.

  • Batasi Penggunaan Printer dan Matikan Jika Sudah Selesai Digunakan

Tips selanjutnya berkaitan dengan pemakaian printer yang tepat yaitu tentang pemakaian. Pemakaian printer yang salah akan menyebabkan printer cepat rusak. Bagaimana caranya? Batasi penggunaan printer, jangan gunakan printer untuk terus menerus mencetak dokumen. Setidaknya jika Anda memiliki banyak file yang harus di  print, biarkan printer beristirahat 15 – 30 menit setelah digunakan, lalu Anda bisa menggunakannya kembali.

Demkian aneka tips praktis yang bisa kami sampaikan dari PT.  Unibless Indo Multi selaku penyedia printer Multifungsi dengan merk EPSON, Brother, HP, Fuji Xerox, Kyocera dan merk-merk lainnya.

Unibless Indomulti merupakan perusahaan yang menawarkan beberapa barang dan jasa yang berkaitan dengan IT, Solusi Dokumen, Pengarsipan Digital dan peralatan perkantoran yang modern dan terjamin harga serta kualitasnya.

By : DYANDRA – PT. Unibless Indo Multi

Sumber :

jagoanprinter.com/cara-menghemat-penggunaan-tinta-printer/

https://tekno.kompas.com/read/2021/01/06/20040027/5-tips-memilih-printer-lebih-baik-sedikit-mahal-tetapi-awet-dan-hemat-biaya?page=all

https://success-comp.com/tips-merawat-printer-agar-tetap-bekerja-dengan-optimal/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *